BAB 4
PENUTUP
4.1 Kesimpulan
Aplikasi “ Pengenalan Angka Dalam Bahasa Indonesia dan Inggris Dengan Menggunakan Macromedia Flash ” ini dapat disimpulkan bahwa siswa bisa mempelajari angka dengan lebih atraktif, karena dengan memanfaatkan “Aplikasi Pembelajaran”, siswa dapat bermain sekaligus belajar dan mengeksplorasi pengetahuannya sendiri dengan bebas. Selain itu keuntungan lain yang didapat adalah siswa mulai diperkenalkan dengan komputer secara tidak langsung.
4.2 Saran
Aplikasi ini masih memiliki kekurangan dari segi tampilan dan alur cerita. Tampilannya masih terlihat sederhana, karena kurangnya pemberian objek dan animasi yang mendukung terhadap penggambaran ilustrasi dari isi materi yang disampaikan. Sedangkan dari segi alur cerita dirasa kurang berkesan, karena alur yang diberikan datar dan klimaksnya bisa ditebak.
Oleh karena itu diharapkan, perancangan interface dan storyboard dari aplikasi ini dapat dibuat sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menarik dan berkesan bagi siswa yang menggunakannya. Penambahan atau perubahan dari isi materi juga perlu dilakukan, agar pembelajaran yang disampaikan lebih berbobot dan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada.
Diharapkan dalam pembuatan aplikasi pembelajaran ini dikemudian hari dapat dikembangankan dan disempurnakan lagi, baik dari segi program yang digunakan, keanekaragaman topik, objek, gambar, animasi dan suara yang ditampilkan lebih menarik dan interaktif.
Masih sederhananya tampilan aplikasi ini diharapkan perancangan interface dibuat sedemikian rupa sehingga menarik perhatian pemakai aplikasi ini. Hal ini juga bisa dilakukan dengan menambah animasi-animasi yang menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar